11 Juli 2007

Sony Ericsson K800i

SONY ERICSSON K800i
Meneruskan Tradisi dengan 3,2 MP

Sejak keluarnya K750i Sony Ericsson belum merilis penerus seri K. Malahan belum lama ini Sony Ericsson justru meluncurkan K800i. Feature apa saja yang dibawa oleh penerus salah satu ponsel tersukses dari Sony Ericsson ini.

Banyak feature tambahan
SE K800i ditujukan untuk pengguna yang sebelumnya sudah menggunakan K750i. Ada beberapa penambahan dari pendahulunya tersebut. Misalnya layar TFT 262 ribu warna dengan resolusi 240x320 pixel, kemampuan operasional di triple band, ditambah dengan jaringan WCDMA (3G) 2100 MHz. Pengguna juga bisa memanfaatkan keberadaan kamera kedua di bagian depan untuk video call bila nanti 3G sudah diimplementasikan.

Selain itu, dari sisi phonebook terdapat penambahan (dulunya hanya 500 entry kini menjadi 1000 entry). Jika masih belum cukup, K800i juga memberikan feature e-mail client dan browser yang sudah menggunakan Netfront untuk kompatibilitas dengan berbagai web.

Sekarang dengan 3,2 Megapixel
Selain hal di atas, Sony Ericsson tampaknya menitikberatkan fungsi kamera pada K800i ini. Ponsel ini sudah dilengkapi dengan kamera 3,2 MP. Sony Ericsson juga sudah menggunakan istilah Cybershot™ yang biasa dipergunakan pada kamera digital keluaran Sony.

Harus diakui bahwa feature kamera pada ponsel ini memang selangkah lebih maju, antara lain dengan penggunaan sistem autofocus dan image stabilizer. Mode BestPic™-nya juga menarik. Mode ini bisa melakukan pemilihan hasil foto untuk mengambil yang bagus dan membuang sisanya. Terakhir, K800i juga mengemas flash berjenis Xenon dan feature Red Eye reduction.

Feature lainnya, seperti Media player yang bisa memainkan beberapa jenis format file musik maupun video, masih tetap ada. Demikian juga dengan stereo FM radio. Sisi konektivitas tampaknya tidak dilupakan dengan adanya USB, IrDA, dan Bluetooth. Untuk Bluetooth sendiri, ponsel ini sudah mendukung feature A2DP sehingga para penikmat musik bisa menggunakan stereo Bluetooth handsfree untuk mendengarkan musik secara wireless.

Kesimpulan :
SonyEricsson K800i adalah penerus K750i. Oleh karena itu, ia memiliki kemampuan multimedia yang lengkap dan ditambah kemampuan kamera yang canggih. Hal ini membuatnya layak menjadi salah satu kamera phone terbaik saat ini. Dukungan browser Netfront™ juga memberikan nilai tambah. Sayang sekali paket penjualannya tidak menyertakan memory stick micro (M2). Selain itu, handsfree yang disertakan juga terkesan minimalis.

+ Kamera 3,2 MP dengan autofokus
+ Xenon flash
+ Netfront browser


(Sumber : Majalah CHIP)